Jum’at siang itu ketika saya sedang ke Ambarrukmo Plaza (atau sebutan kerennya Amplaz) untuk menemani teman yang ingin berbelanja disana saya tertarik ketika membaca sebuah x-banner yang bertuliskan “10 Tahun Lagi Jakarta akan Kebanjiran”. Saya pun segera mendekati stand itu untuk membaca lebih lengkap tentang beberapa kerusakan lingkungan yang sedang dan akan terjadi. Tak disangka ternyata itu adalah stand dari sebuah organisasi yang selama ini hanya saya tahu dari televisi yang tak gencar-gencarnya menyerukan kepada dunia untuk menjaga ekosistem lingkungan, Greenpeace!

Ketika saya sedang asyik membaca, tiba-tiba salah seorang dari penjaga stand tersebut mengajak saya untuk mengetahui lebih jauh tentang Greenpeace, dan saya pun sangat tertarik dengan itu. Dia menjelaskan tentang greenpeace yang merupakan sebuah organisasi independen, dimana mereka tidak menerima donasi dari pemerintah, perusahaan, dan lain sebagainya untuk menjaga agar mereka tetap bisa obyektif dalam mencegah lingkungan dari kerusakan. Jadi mereka hanya menerima dana dari pendukung (supporter) yang tidak ada hubungannya dengan pemerintah dan sebagainya. Supporter disini maksudnya orang pribadi yang dengan sukarela menjadi pendukung dan akan memberikan bantuan dana kepada organisasi ini rutin setiap bulan.

Saya ditantang oleh Mas Indra (penjaga stand) untuk bergabung bersama mereka di Greenpeace. Hmmm,, jelas-jelas saya terima, kenapa? Alasan utama saya tertarik untuk bergabung dengan mereka karena keprihatinan saya melihat kondisi lingkungan di negara kita, apalagi di daerah saya, Bima. Kalau sudah ingat Bima langsung sedih deh, gimana ga, Bima sekarang di setiap gunungnya tidak ada lagi pohon-pohon hijau disana, habis dibakar dan ditebang oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk dijadikan ladang dan kayunya dijual. Ketika musim hujan telah berlalu panas di Bima bukan main, sangat panas. Itu salah satu contoh kecil dan terdekat dengan saya, namun masih banyak kerusakan ekosistem hutan dan lingkungan yang terjadi di luar sana yang mungkin kita tidak tahu.

Dengan masuk di Greenpeace, saya berharap bisa ikut menjadi bagian dari penyelamatan lingkungan ini, untuk masa depan kita, untuk kehidupan yang lebih baik. Dengan menjadi pendukung disini, kita akan dikirimi news letter yang akan memberitahukan dan mengajak kita tentang kegiatan yang akan dilakukan, baik di Jogja ataupun di seluruh Indonesia. Mungkin orang menganggap saya hanya menghabiskan uang dan tenaga, namun jauh dibalik itu saya mempunyai tujuan yang jelas dan ingin membuat perubahan untuk lebih baik. Jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang Greenpeace, silahkan kunjungi website resmi Greenpeace South East Asia di www.greenpeace.or.id.

Advertisements